5 Cara Belajar di rumah yang efektif

BERITA PENDIDIKAN

Selama masa pandemi Corona, pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Selama lebih dari 6 bulan lamanya, siswa dan mahasiswa melaksanakan pembelajaran daring.

Selama kurun waktu tersebut, tidak sedikit pelajar yang mengeluh karena tidak bisa belajar dengan efektif. Banyak gangguan yang membuat proses belajar mereka tidak maksimal dan efisien.Mencari cara belajar yang efektif diterapkan saat pandemi bisa memaksimalkan pembelajaran siswa. Berikut lima cara belajar efektif selama belajar di rumah yang bisa Anda coba.

Memodifikasi ruang belajar
Melansir dari laman resmi Washington University, penting untuk memisahkan ruang belajar dengan ruang rekreasi.

Usahakan tempat belajar dengan kamar tidur terpisah. Hal ini bisa meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur.

hasilnya, belajar Anda bisa lebih efektif karena minim gangguan.

Memisah ruang belajar juga bisa memaksimalkan istirahat pelajar. Saat istirahat mereka tidak akan terbayang-bayang tumpukan buku dan tugas di meja belajar.
Anggap seperti sekolah luring
Buat rutinitas seperti saat sedang sekolah secara offline atau luring. Bangun pagi sesuai jadwal biasanya, mandi, lalu jangan lupa sarapan.

Cara ini bisa memaksimalkan belajar agar lebih efektif. Secara tidak langsung otak dan tubuh akan menganggap pembelajaran daring seperti tatap muka.

Selama mengikuti pembelajaran, atur agar pesan masuk tidak muncul di layar gawai. Pesan atau notifikasi yang muncul tiba-tiba bisa membuyarkan konsentrasi.

Pastikan koneksi dan gawai dalam kondisi yang baik. Jangan lupa catat materi yang diberikan guru atau dosen dengan rapih.

Hindari multitasking
Saat belajar di rumah memang lebih fleksibel dan santai. Anda bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Tetapi sebaiknya hindari multitasking jika ingin belajar lebih efektif dan efisien.

Otak akan terpecah konsentrasinya sehingga membuat Anda tidak bisa fokus. Imbasnya, materi pelajaran tidak bisa diterima dengan baik.

Jaga kondisi kesehatan
Agar belajar bisa lebih baik dan efektif, jangan lupa kesehatan Anda. Jangan lupa lakukan peregangan disela-sela pembelajaran online. Cara ini bisa membantu otak untuk beristirahat selama proses belajar.

Perhatikan asupan makanan serta istirahat Anda. Pastikan Anda mendapatkan durasi tidur yang cukup agar otak lebih segar.

Tetap bersosialisasi
Otak juga butuh refershing agar belajar bisa lebih efektif. Selama pandemi memang aktivitas di luar dibatasi agar meminimalisir penularan Covid-19.

Namun demikian, komunikasi tetap harus terjaga. Sempatkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman Anda.

Bersumber dari laman Washington University, cara ini bisa menjaga Anda untuk tetap fokus saat belajar. Bersosialisasi secara tidak langsung bisa menumbuhkan motivasi yang positif.

Anda bisa melakukannya melalui chatting atau video call. Jika terpaksa bertemu secara tatap muka, jangan lupa terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *